Skip directly to content

Philosophy

4. Skenario Terakhir.

Baik arsitektur modern, dari Post Modern sampai dengan Deconstruction semua berkembang karena mendapat dukungan institusi pendidikan. Decons berkembang karena AA (Architectural Association) yang menguasai jurnal-jurnal arsitektur di Inggris. Demikian pula arsitektur modern berkembang  karena di Eropa berkembang sebuah institusi Bauhaus dan majalah De Stijl. Bahkan, dukungan yang di lakukan di dalam Bauhaus mencari dasar-dasar ideologi yang menyebabkannya ditutup oleh Hitler karena dianggap kekiri-kirian dan para pengajarnya melarikan diri dari Jerman.

4. The Last Scenario.

As well as Modern Architecture, from Post Modern to Deconstruction all grown up with the support of educational institutions. Deconstruction developed because of AA (Architectural Association) which controlled the journals of architecture in England. Similarly, modern architecture evolved because of Bauhaus institution and De Stijl magazine developed in Europe. In fact, the support undertaken at the Bauhaus seeking ideological foundations that caused its closure by Hitler for being leftist and the teachers fled Germany. Aesthetics is trust to be derived from ideological concepts.

Tahun Baru Imlek dan Almanak 3

Almanak juga berisi daftar panjang ayat Konfusianisme pada setiap segi kehidupan, untuk membantu orang menjalani hidup mereka dengan benar, sesuai dengan tradisi. Bagian-bagian  almanak akan tampak aneh bagi orang Barat.

Chinese New Year and the Almanac 3

The almanacs also contain a long list of Confucian quotes for every occasion, in order to help people live their lives correctly, in accordance with tradition. Other sections of the almanac, however, seem even more peculiar to the western observer.

Tahun Baru Imlek dan Almanak 1

Tahun Baru imlek adalah selalu menjadi momen penting dalam kehidupan masyarakat Tionghoa di Jakarta dan Pecinan Glodok pada khususnya. Menyambut Tahun Baru rumah-rumah dibersihkan dan di beri pernak-pernik berwarna merah sebagai symbol harapan Tahun yang Baru akan memberi keberuntungan. Menyambut tahun baru juga banyak ramalan-ramalan berdasarkan Shio seseorang. Tulisan ini bukan meramal keberuntungan anda, tetapi membahas soal Kalender Tionghoa dan almanac yang menjadi dasar dari ramalan tadi.

Dalam kalender Tiongkok kuno, waktu dibagi menjadi siklus yang dapat diprediksi.

Chinese New Year and the Almanac 1

Lunar New Year is always an important moment in the life of the Chinese community in Jakarta especially in the China Town Glodok. Welcoming the New Year houses are cleaned and given red baubles as a symbol of hope that the New Year will give luck. In this time there are too many fortune tellings based someone’s Shio (12 astrological animal). This paper is not to predict your fortune, but to discuss the Chinese calendar and almanac that became the basis of fortune-telling.

Calendars in ancient China, time was divided into a predictable cycle.

Seri ID 002

on Fri, 12/05/2014 - 05:01

Pada dasarnya peradaban kota adalah perbedaan budaya penghuninya yang menyatu penuh dengan kedamaian. Peradaban adalah keragaman manusia untuk saling mengerti dalam mengarungi kehidupan bersama-sama. Di dalam perbedaan, manusia disatukan oleh tujuan mendapatkan kesejahteraan bersama-sama. Kota yang beradab, memiliki penduduk yang berbudi, berkesopanan dan saling menghomati. Tetapi, kota yang beradab juga akan memberontak tatkala tempat sekelompok manusia disangkal dan dibuang dengan semena-mena.

Batavia Sebuah Novel

Di berbagai penjuru dunia jatuh bangunnya sebuah rezim terletak di Ibukota. Bangkitnya dinasti Ming di Tiongkok misalnya, ditandai dengan perpindahan ibukota dari Xi’An ke Beijing. Demikian juga di pulau Jawa, runtuhnya Majapahit ditandai dengan munculnya kota Demak sebagai ibukota kerajaan Islam. Bahkan di kehidupan modernpun demikian. Jatuhnya rezim-rezim di Indonesia modern berada di kota jakarta dan bukan di kota Indonesia yang lain. Karena itu tidak terlalu berlebihan untuk mengatakan bahwa panggung teater pergantian rezim adalah kota dengan benteng dan segala kekuatan ekonominya.

Kota

Pages